Sabtu, 30 Oktober 2010

Musibah dan Bencana

Ketika bangun pagi hari dan melihat berita di televisi, hati terasa miris. Berita yang ditampilkan lebih banyak tentang musibah dan bencana yang menimpa manusia diberbagai penjuru dunia.Tanah longsor, gempa bumi dan banyak lagi berita yang mengerikan.

Mengapa semua itu terjadi?….apakah kasusnya memang meningkat dari tahun ke tahun ataukah karena kemajuan teknologi informasi, sehingga beritanya bisa kita lihat dan dengar dengan cepat. Naudzu billahi mindzalika………. (Kami berlindung padaMu ya  Allah dari semua kejadian itu)

Setiap hari kita disuguhi berita yang menakutkan, rasanya hati  jadi malas untuk menonton acara televisi, beritanya pasti itu  lagi.Tapi itu adalah kenyataan yang tidak bisa kita bantah, musibah dan bencana terjadi dimana mana, mengapa?.  Semua itu sebenarnya adalah peringatan dan pelajaran dari Allah bagi kita semua agar kita kembali dan selalu ingat pada-Nya. Firman Allah dalam surat al Insan ayat 29:

"sesungguhnya  ini adalah suatu peringatan, maka barang siapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya". (Al Insan 29)

 Bersyukurlah jika kejadian itu tidak menimpa kita , mari dekatkan diri ,kita kepada Allah yang maha kuat, dan maha melindungi hamba-hamba Nya. Jika anda ternyata termasuk obyek yang menjadi berita , bersabarlah, kembalikan semua pada Allah. Karena semua kejadian itu hanya bisa terjadi dengan izin dan kehendak Allah

Akhir-akhir ini bencana berskala besar juga sering kita dengar dan kita saksikan melalui layar televisi. Seperti bencana Tsunami di Aceh, gempa di China, Tornado di Amerika. Semua itu adalah peringatan bagi umat manusia, merupakan contoh peristiwa Kiamat yang pasti akan terjadi kelak diakhir zaman.

Jika datang ketetapan Allah, semua yang ada dalam radius yang telah ditetapkan-Nya  pasti hacur dan musnah. Dalam sekejap mata ribuan nyawa melayang seketika, rumah, gedung, bangunan bertingkat semua porak poranda dalam sekejap mata. Tidak seorangpun bisa lari dari takdir  dan kehendak  Allah,manusia sunguh sunguh lemah Demikianlah Allah memperlihatkan kuasa dan kekuatanNya pada manusia yang sombong dan tidak tahu  berterima kasih.

Mari kita mengambil pelajaran dari semua kejadian itu. Kita tidak bisa lolos dari takdir dan kehendak Allah. Apa yang dikehendaki Nya pasti terjadi, dan apa yang tidak dikehendakiNya mustahil terjadi. Sebelum datang murka Allah dan ketetapan Nya, mari kita tingkatkan amal ibadah dan ke Takwaan kita pada Nya. Kalau Allah melindungi kita , tidak ada yang bisa mencelakai kita. Ingat firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 160

"Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal". (Ali Imran 160)

Walau musibah dan bencana bertebaran dimana mana , jangan takut , berserah dirilah pada Allah, Dialah pelindung orang yang ber Iman. Allah selalu memperhatikan dan menolong orang yang mendekatkan diri kepada Nya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar